Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab.Sekadau: Tiga Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau menggelar Press Release mengenai perkembangan terkini penanganan wabah Covid-19 yang dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Senin (25/5).

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menjelaskan bahwa pihaknya baru saja mendapat laporan dari laboratorium balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit (BBTKLPP) Jakarta terkait hasil PCR atau swab terhadap enam orang orang tanpa gejala (OTG) di Kabupaten Sekadau.

“Dari pemeriksaan tersebut terdapat enam orang yang terindikasi, tiga diantaranya positif Covid-19, sedangkan tiga lainnya negatif,” jelas Henry.

Dari tiga orang positif tersebut, dua diantaranya laki-laki usia 21 tahun dan perempuan usia 18 tahun warga Kecamatan Belitang Hilir. Sedangkan satu orang lainnya berusia 39 tahun berjenis kelamin laki-laki warga Kecamatan Sekadau Hilir.

Henry mengatakan ketiga kasus orang tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG)karena mereka tidak menunjukan keluhan namun berpotensi menularkan.

“Mereka semua yang terkonfirmasi ini merupakan merupakan Cluster Jemah Tabligh Kuala Lumpur yg hasil Repid Test 7 April 2020 Reaktif dan telah di ambil swab untuk di periksa pada tanggal 5 dan tangal 6 Mei 2020 lalu,” terangnya.

Sementara tiga orang yang negatif masing-masing laki-laki usia 44 tahun dan 40 tahun asal Sekadau Hilir dan Belitang Hilir yang merupakan tenaga medis dalam tabligh akbar tersebut, serta perempuan 44 tahun asal Belitang Hilir yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita akan melakukan tracking khususnya kepada kontak erat. Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan tetap waspada. Selalu patuhi protokol pencegahan covid-19″ lanjut Henry.

Dengan demikian data sampai hari ini sampai pukul 17.00 keadaan Covid-19 di Kabupaten Sekadau dengan jumlah ODP 187, OTG 32, PDP 1 , Hasil Laboratorium RL.PCR : Terkomfirmasi 3 orang, Negatif 5 orang , dan sedang menunggu hasil Pemeriksaan Laboratorium PCR = 2 orang.

(MadahSekadau/Amd/Halim)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *