Cegah Penyebaran Virus Corona, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab.Sekadau Lakukan Rapid Test Masal

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Tim Teknis Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau melaksanakan Rapid Test Masal yang dilaksanakan di Area Pasar Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (9/6/2020). Rapid test tersebut menyasar kepada masyarakat serta karyawan mini market dan swalayan yang berada di area pasar Sekadau.

Pada Kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengungkapkan tujuan dari dilaksanakannya rapid test masal ini untuk memperoleh data serta potensi penularan Covid-19 di Kabupaten Sekadau dengan target keseluruhan yaitu 600 orang.

“Pada hari ini tim Gugus Tugas Covid-19 Kab.Sekadau melaksanakan Rapid Test Masal dengan tujuan untuk memperoleh data yang sebanyak-banyaknya melalui screaning awal rapid test dalam rangka melihat potensi penularan virus corona tersebut,” ungkap Henry.

“sehingga dengan adanya rapid test masal ini kita dapat melihat besar atau kecilnya potensi dari penularan Covid-19 di Kab.Sekadau,” tambahnya.

Rapid test masal ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kab.Sekadau dan dilakukan di tiga titik ramai penduduk, yaitu pada area pasar Flamboyan Sekadau, pada area Penyeberangan Sekadau-Sebrang Kapuas, dan pada area persimpangan Jalan Abadi Sekadau Jalan Merdeka Timur.

Sementara itu Wakil Bupati Sekadau, Aloysius pada saat meninjau pelaksanaan rapid test tersebut menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Sekadau sebagai Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Sekadau memberikan pelayanan kesehatan berupa rapid test masal yang menyasar kepada masyarakat di Kab.Sekadau.

“Pada saat ini Pemerintah Kabupaten Sekadau melakukan rapid test masal dengan sasaran yaitu masyarakat yang banyak melakukan interaksi sosial seperti kegiatan-kegiatan di pasar Sekadau ini,” jelas Aloysius

“Saya sarankan kepada seluruh masyarakat untuk hari ini silahkan melakukan rapid test, karena dari Pemerintah telah menyiapkan fasilitas bagi siapa saja yang ingin melakukan rapid test agar dapat mengetahui hasil bahwa dirinya reaktif ataupun tidak,” tutupnya.

Pada pelaksanaan rapid test ini juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau bersama Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau melakukan pembagian masker kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

(MadahSekadau/Amd/Edo/YD/Komi)